Unsyiah Simulasikan Ujian UTBK dengan Menerapkan Protokol Kesehatan

Universitas Syiah Kuala melakukan simulasi pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2020 dengan menerapkan konsep protokol kesehatan. Kegiatan yang turut dihadiri Wakil Rektor I Unsyiah Prof. Dr. Marwan ini dilaksanakan di Gedung UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Unsyiah. (Darussalam, 26/6/2020).

Marwan mengungkapkan, Unsyiah sangat memperhatikan aspek keselamatan di masa pandemi Covid-19 ini. Oleh karena itu, kegiatan simulasi ini bertujuan untuk memastikan seluruh panitia pelaksana, bisa memahami dan menerapkan dengan baik protokol kesehatan saat pelaksanaan UTBK 2020 nanti. Mengingat UTBK ini akan diikuti oleh ribuan peserta yang berasal dari berbagai daerah.
“Untuk itulah, Unsyiah ingin memastikan seluruh peserta ujian nanti bisa terjamin keselamatannya dari Covid-19. Maka kita siapkan protokol kesehatan yang nanti wajib dipatuhi oleh semua peserta ujian,” ucap Marwan.

Dalam kegiatan simulasi ini, Unsyiah melakukan beberapa demonstrasi terkait pelaksanaan ujian. Mulai dari penerimaan peserta ujian saat tiba di lokasi, mengarahkan mereka ke lokasi ujian melalui jalur yang telah ditentukan, saat ujian berlangsung, serta saat peserta meninggalkan lokasi ujian.

Pada setiap lokasi ujian Unsyiah juga menyedikan hand sanitizer serta wastafel portable untuk menjamin higienitas peserta.
“Selain itu, Unsyiah juga menyiapkan tenaga medis dan ambulance untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan khususnya terkait Covid-19 ini,” ujar Marwan.

Selain panitia pelaksana dari Unsyiah, kegiatan simulasi ini juga turut dihadiri dari kepolisian dan TNI. Pelaksanaan UTBK kali ini, juga telah mendapatkan izin dari pihak Satgas Covid-19 Aceh.
Jadwal pelaksanaan UTBK 2020 rencananya akan dilaksanakan mulai dari tanggal 5 – 12 Juli 2020. Di mana setiap harinya ada 2 sesi ujian, kecuali hari Jumat yang hanya ada 1 sesi ujian. Pada kegiatan ini, Unsyiah telah menyiapkan beberapa titik lokasi ujian dalam lingkungan universitas.

Untuk diketahui, ujian UTBK merupakan syarat utama bagi siswa yang akan melanjutkan studinya ke perguruan tinggi melalui jalur SBMPTN dan Mandiri. Di mana semua proses pelaksanaannya di bawah koordinasi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Bagikan Berita ini

Berita Lainnya