Profil Program Studi

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) merupakan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang memiliki peran sentral dan strategis dalam membangun manusia Indonesia seutuhnya. Hal ini dikarenakan FKIP Unsyiah merupakan lembaga pendidikan penghasil calon guru atau calon tenaga kependidikan yang kelak bertugas mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Konsekuensi dari demikian sentral dan strategisnya peran FKIP Unsyiah dalam membangun sumberdaya manusia Indonesia, telah menempatkan lembaga ini sebagai pemikul tanggung jawab dan berkewajiban mendidik calon guru yang berkualitas dan memenuhi standar tertentu. Sebagai LPTK, FKIP Unsyiah berkewajiban mendidik dan melahirkan tenaga pendidik yang professional, yang akan mengemban tugas sebagai guru di berbagai sekolah/madrasah.

Dalam perkembangan selanjutnya, pada tahun 1984 Fakultas Keguruan dan Fakultas Ilmu Pendidikan disatukan menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Penyatuan dua fakultas tersebut dilakukan untuk memenuhi maksud Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 0217/0.1982. Atas dasar kedua surat tersebut, Rektor Universitas Syiah Kuala dengan Surat Keputusan Nomor 84 Tahun 1983 membentuk sebuah panitia AdHoc, dan secara resmi pada tahun akademik 1984/1985 FKIP Universitas Syiah Kuala terbentuk.

PROGRAM STUDI S1

Ilmu Pendidikan

Pendidikan IPA

Pendidikan IPS

Pendidikan Bahasa

Visi, Misi, dan Tujuan

VISI

Menjadi LPTK yang inovatif, mandiri, dan terkemuka dalam menghasilkan lulusan yang profesional. unggul. dan berkarakter islami.

MISI
  1. Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas berbasis keilmuan, teknologi dan berkarakter islami (M1);
  2. Menyelenggarakan penelitian pendidikan dalam bidang sosial, sains dan teknologi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran (M2);
  3. Menyelenggarakan pengabdian untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam bidang pendidikan, sosial, sains dan teknologi (M3);
  4. Memperkuat dan memperluas jaringan kerjasama dalam upaya pengembangan pendidikan dan penelitian di bidang sosial, sains dan teknologi (M4).
TUJUAN
  1. Menghasilkan calon guru berbagai program studi yang mengenal peserta didik secara mendalam sehingga pelayanan proses pembelajaran kepada setiap individu anak menjadi lebih efektif dan tepat sasaran.
  2. Menghasilkan calon guru berbagai program studi yang benarbenar menguasai bidang keahliannya, baik secara keilmuan maupun kependidikan.
  3. Menghasilkan calon guru berbagai program studi yang mampu dan berkompeten menyusun rencana pembelajaran yang baik dan efektif, mampu melaksanakan rencana pembelajaran secara efisien dan berdisiplin tinggi, serta mampu melakukan penilaian hasil proses pembelajaran secara adil, transparan, sesuai dengan kriteria penilaian, dan jujur.
  4. Menghasilkan calon guru berbagai program studi yang mampu menindaklanjuti hasil penilaian proses pembelajaran sebelumnya melalui berbagai usaha pembimbingan, remedial, dan pelatihan khusus.
  5. Menghasilkan calon guru berbagai program studi yang mampu melakukan berbagai penelitian pendidikan, terutama penelitian tindakan kelas, dan berinisiatif untuk melakukan pengembangan diri sehingga semakin professional dalam melaksanakan pekerjaannya.

Alamat

Jl.Hasan Krueng Kalee Darussalam-Banda Aceh. Website: http://www.fkip.unsyiah.ac.id/

Bagikan halaman ini