Profil Program Studi

Fakultas Pertanian merupakan fakultas kelima di dalam lingkungan Universitas Syiah Kuala (Unsyiah. Fakultas ini didirikan berdasarkan Surat Keputusan Menteri PTIP (Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan) nomor 84/1964 tanggal 18 Agustus 1964. Fakultas Pertanian juga dibuka secara resmi oleh menteri PTIP dengan penandatanganan piagam di Darussalam – Banda Aceh, pada hari senin tanggal 16 Nopember 1964.

Fakultas Pertanian memiliki Program Studi S1, meliputi:

Visi, Misi, dan Tujuan

VISI

Menjadi pusat pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang unggul dan terkemuka dalam bidang pertanian berbasis sumber daya lokal di Indonesia pada tahun 2020.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan berbasis kompetensi pertanian secara terpadu yang relevan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia dan global.
  2. Mengembangkan riset-riset unggulan pertanian yang berpola keilmuan dan teknologi, berorientasi produk, dan berbasis pengabdian.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat melalui penerapan ilmu pengetahuan dan teknolgi pertanian yang tepat guna.
  4. Membentuk sivitas akademika yang profesional dan beretika serta mengembangkan atmosfer akademik yang kondusif, dinamis, dan demokratis.
  5. Meningkatkan mutu manajemen dan sumber daya secara berkesi-nambungan.
  6. Menjalin dan meningkatkan kerjasama kemitraan yang saling menguntungkan di tingkat lokal, nasional, dan internasional.

Tujuan

  1. Menghasilkan sarjana dengan tingkat kompetensi yang tinggi dan berdaya saing, berakhlak mulia, berwawasan luas, dan tanggap terhadap persoalan yang dihadapi masyarakat sehingga mampu berperan dalam pembangunan bangsa.
  2. Menghasilkan riset-riset unggulan pertanian yang berguna bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pertanian serta bermanfaat bagi masyarakat.
  3. Menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pertanian secara terpadu dan tepat guna melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat sehingga memberikan kontribusi yang nyata dalam penyelesaian masalah-masalah yang dihadapi oleh masyarakat pengguna.
  4. Menciptakan suasana akademik yang kondusif, dinamis, dan demokratis sehingga sivitas akademika berperilaku ilmiah dan profesional serta menjunjung tinggi kebebasan akademik.
  5. Menyelenggarakan sistem ketatapamongan yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggungjawab, dan adil.
  6. Menerapkan sistem penjaminan mutu secara berkelanjutan untuk kepuasan pemangku kepentingan.
  7. Menjamin keberlanjutan proses pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat melalui kerjasama saling menguntungkan dengan institusitingkat lokal, nasional, dan internasional yang relevan.

Alamat

Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Darussalam, Banda Aceh, Aceh, 23111, Indonesia

Email: fp@unsyiah.ac.id, Website: http://fp.unsyiah.ac.id/


Bagikan halaman ini