Profil Program Studi

Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala didirikan pada tahun 1963 dengan satu jurusan pertama, Jurusan Teknik Sipil. Pada tahun 1977 dibuka dua jurusan baru, Jurusan Teknik Mesin dan Teknik Kimia. Kemudian pada tahun 1996 dibuka dua jurusan baru, Jurusan Teknik Arsitektur dan Teknik Elektro. Kini Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala telah memiliki limaPada tahun 1999 mulai pula dibuka program Diploma-3, di mana pada tahun 2003 mendapat izin penyelenggaraan dari Dikti untuk 4 program studi yaitu Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Kimia, dan Teknik Elektro. Selanjutnya, pada tahun 2002 Fakultas Teknik Unsyiah membuka pula program Magister Teknik Sipil. Kemudian pada tahun 2004 Fakultas Teknik Unsyiah membuka pula program Magister Teknik Kimia. Setelah itu, pada tahun 2006 Magister Teknik Kimia juga membuka bidang Konsentrasi Teknologi dan Manajemen Lingkungan yang bekerjasama dengan Bapelda dan GTZ. jurusan. Disamping kelima jurusan reguler ini, Fakultas Teknik Unsyiah telah memiliki program ekstensi Jurusan Teknik Sipil, Jurusan Teknik Mesin, dan Jurusan Teknik Kimia, yang dibuka pada tahun 1996.

Program Studi S1, meliputi:


Visi, Misi, dan Tujuan

Visi

Fakultas Teknik Unsyiah menjadi lembaga pendidikan dan riset yang terkemuka di Indonesia yang mampu bersaing dalam era global berdasarkan nilai yang islami.

Misi

Meningkatkan mutu pendidikan, membekali mahasiswa agar mampu mengembangkan diri menjadi insan yang berguna, responsif, proaktif dalam memberi pelayanan kepada industri, pelaku bisnis, pemerintah dan masyarakat di tingkat nasional dan internasional.

Tujuan

  • Memenuhi kebutuhan sarjana teknik pada berbagai lembaga penelitian, industri, jasa konstruksi, jasa konsultasi, jasa perencanaan, instansi pemerintah dan swasta, khususnya di Pemerintah Aceh dan Indonesia pada umumnya.
  • Melayani kebutuhan pelatihan dan penelitian dari berbagai instansi dan lembaga penelitian.
  • Meningkatkan kemampuan staf dalam berbagai bidang ilmu teknik untuk mengemban visi dan misi Fakultas Teknik Unsyiah.

Bagikan halaman ini