Profil Program Studi

Program Studi Magister Pertanian Bidang Konservasi Sumberdaya Lahan (KSDL) merupakan salah satu Program Strata 2 (S2) di lingkungan Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala Darussalam, Banda Aceh.

Program Magister ini dibuka sejak tanggal 26 April 1999 berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (DIRJEN DIKTI) Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 180/DIKTI/KEP/1999. Program studi ini telah terakreditasi dengan peringkat B berdasarkan Surat keputusan Badan Akreditasi Nasional Program Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor: 011/BAN-PT/Ak-VI/S2/IX/2008 tanggal 10 Oktober 2008.

Sejak berdiri program studi magister ini dipimpin oleh:

  1. Prof. Dr. Ir. Darusman, M.Sc (1999-2002)
  2. Dr. Ir. Hairul Basri, M.Sc (2002-2006)
  3. Prof. Dr. Ir. Sufardi, MS (2006-2008)
  4. Dr. Ir. Muyassir, MP (2008-sekarang)

Program Magister Konservasi Sumberdaya Lahan merupakan Program Studi yang ke-3 dalam beroperasi di lingkungan Program Pascasarjana Unsyiah. Bertujuan menyiapkan SDM bidang Sumberdaya Lahan yang handal melalui program pendidikan Magister (S2). Kurikulum disusun berdasarkan standar internasional dan didukung oleh tenaga pengajar yang berkualitas, serta sarana/fasilitas pendidikan yang memadai. Lulusan Program Magister Konservasi Sumberdaya Lahan ini bergelar akademik Magister Pertanian disingkat M.P.

Sejak Tahun 2011 Program Studi Konservasi Sumberdaya Lahan mempunyai dua bidang konsentrasi atau kajian utama:

  1. Konservasi dan Reklamasi Sumberdaya Lahan (KSL)
  2. Perencanaan dan Tata Guna Lahan (PTL)

VISI DAN MISI

VISI

Menjadi Program Magister Konservasi Sumberdaya Lahan yang inovatif, unggul dan terkemuka dalam ilmu pengetahuan, teknologi dan publikasi ilmiah pada tahun 2020.

MISI

  1. Menyiapkan peserta program menjadi lulusan yang mempunyai kemampuan akademik dan profesional dalam bidang konservasi sumberdaya lahan yang mampu bersaing secara nasional dan internasional.
  2. Melakukan dan mengembangkan karya penelitian dalam bidang konservasi sumberdaya lahan untuk kepentingan pengetahuan dan kesejahteraan manusia.
  3. Mengembangkan konsep dan teknologi untuk memberikan solusi terhadap berbagai masalah yang berkaitan dengan pengelolaan sumberdaya lahan secara berkelanjutan.

TUJUAN

Program Magister Pertanian Konservasi Sumberdaya Lahan adalah program studi yang bertujuan untuk menghasilkan tenaga-tenaga yang mampu:

  1. Mengenali, mengamati, melakukan pendidikan, penalaran ilmiah serta mencari pemecahan masalah dan menyebarkan ilmu dan teknologi sistem pertanian khususnya bidang konservasi sumberdaya lahan,
  2. Merencanakan, menyusun, dan melaksanakan penelitian secara mandiri untuk pemecahan masalah dan pengembangan ilmu dan teknologi dalam bidang pertanian, khususnya konservasi sumberdaya lahan, dan
  3. Meningkatkan kemampuan peserta program dalam mengelola sumberdaya lahan untuk tujuan pemanfaatan secara berkelanjutan.

ALAMAT

Informasi lebih lanjut hubungi:

1. www.ksdl.unsyiah.ac.id atau www.pps.unsyiah.ac.id
2. Dr. Ir. Muyassir, M.P (HP: 085296550030)
e-mail: muyassiramin@gmail.com
3. Dr.rer. agr. Syakur, M.P ( HP: 081219262639);
e-mail: syakoer@yahoo.com

Sekretariat Prodi Magister KSDL
Program Studi Magister Konservasi Sumberdaya Lahan
Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3
Gedung Lama Fakultas Pertanian Unsyiah
Darussalam, Banda Aceh 23111
Telp./Fax: 0651-7554264
e-mail: mksdl.pps@unsyiah.ac.id

Bagikan halaman ini