Profil Program Studi

Penyelenggaraan Program Studi Pendidikan IPA Jenjang Strata Dua (S2) secara resmi dibuka sebagai salah satu program studi dalam lingkungan Program Pascasarjaana Universitas Syiah Kuala sejak Bulan September tahun 2011. Program Studi Pendidikan IPA Jenjang S2 ini ditetapkan perizinannya oleh Dirjen Dikti atas nama Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia dengan suatu keputusan Nomor 212/E/O/E/2011 tanggal 21 September 2011. Selanjutnya, berdasarkan keputusan tersebut, program studi ini menerima mahasiswa baru angkatan pertama tahun 2011.

Lahirnya Program Studi Pendidikan IPA Jenjang S2 di Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala diawali proses usulan hibah yang ditawarkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi melalui kegiatan Aliansi Program Pascasarjana antar Perguruan Tinggi (PT) dengan pendampingan oleh Perguruan Tinggi Pembina Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung pada tahun 2010. Usulan tersebut diwujudkan dengan kucuran dana dari Dikti pada pertengahan tahun 2011 dengan memfasilitasi proses lahirnya Program Studi Pendidikan IPA. Berdasarkan fasilitas yang disediakan tersebut, telah menginspirasi terwujudnya Program Studi Pendidikan IPA secara resmi pada September 2011.

Program Studi Pendidikan IPA Jenjang S2 pada Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala diberi singkatan Program Studi MPIPA. Saat ini, Prodi MPIPA menyelenggarakan 3 (tiga) bidang pemusatan keahlian, yaitu:

  • Konsentrasi Pendidikan Fisika,
  • Konsentrasi Pendidikan Kimia, dan
  • Konsentrasi Pendidikan IPA.

Kompetensi Lulusan

  • Mampu merancang dan mengelola penelitian, menganalisis, dan memecahkan masalah-masalah pendidikan ilmu pengetahuan alam guna memberikan solusi dan meningkatkan mutu proses dan hasil belajar peserta didik.
  • Mampu mengembangkan inovasi dalam bidang pendidikan ilmu pengetahuan alam yang relevan dan berkualitas melalui penelitian.
  • Mampu menggunakan konsep-konsep dan prinsip-prinsip pendidikan dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam untuk mengentaskan berbagai permasalahan pendidikan dan pembelajaran ilmu pengetahuan alam melalui pendekatan ilmu pengetahuan alam atau multidisiplin.
  • Mampu mempublikasikan gagasan atau hasil penelitiannya dalam bidang ilmu pengetahuan alam bagi kepentingan ilmu pengetahuan dan berguna bagi masyarakat.

Visi dan Misi

Visi

Program Studi S2 Pendidikan IPA pada tahun 2025 menjadi program studi yang mandiri, unggul, dan terpandang baik tingkat nasional maupun internasional dalam bidang pendidikan, penelitian, penerapan, dan pengembangan pembelajaran, serta penyebarluasan ilmu pendidikan IPA guna mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Misi
  • Menyelenggarakan kegiatan pendidikan, pengajaran dan penelitian bidang ke-IPA-an dengan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan yang mencerminkan masyarakat ilmiah.
  • Melaksanakan sistem pengajaran dan pembimbingan secara professional guna menghasilkan lulusan yang mandiri dan berkualitas.
  • Mewujudkan pengelolaan program studi dan pelayanan yang prima bagi mahasiswa,
  • Membantu pemerintah dan masyarakat dalam upaya menyediakan dan meningkatkan sumber daya manusia (SDM) bidang ke-IPA-an.

Akreditasi Program Studi

Program Studi Pendidikan IPA Jenjang S2 pada Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala telah Terakreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) sesuai dengan Surat Keputusan No. 177/SK/BAN-PT/Akred/M/VI/2014 yang berlaku hingga Tanggal 18 Juni 2019.

Alamat

Website: http://pps.unsyiah.ac.id/mpipa/

Bagikan halaman ini