Pendahuluan

Siswa dapat mendaftar SNMPTN melalui alamat: http://web.snmptn.ac.id. Tidak semua siswa dapat mendaftar SNMPTN. Hanya siswa yang memenuhi syarat saja yang dapat mendaftar SNMPTN. Persyaratan untuk dapat mendaftar SNMPTN 2017 dapat dilihat di http://www.snmptn.ac.id/

Berikut adalah tahapannya:

  1. Login dengan menggunakan NISN dan password yang sama dengan password untuk verifikasi nilai pada PDSS
  2. Siswa melakukan pendaftaran SNMPTN, mencakup: memilih PTN dan program studi, mengunggah foto, mengisi form pendaftaran, mengunggah bukti prestasi jika ada, menggunggah portofolio jika memilih program studi Seni dan/atau Olahraga
  3. Siswa memfinalisasi pendaftaran SNMPTN (setelah difinalisasi, pendaftaran TIDAK DAPAT DIUBAH lagi; jika tidak difinalisasi, akan dianggap TIDAK mendaftar)
  4. Siswa mengunduh dan mencetak kartu tanda peserta dengan terlebih dahulu mengisikan nomor peserta UN

Login Siswa

Tampilan awal web pendaftaran SNMPTN adalah sebagai berikut:

Masukkan NISN dan passwordpada form login di atas. Gunakan NISN dan password yang diberikan sekolah ketika akan melakukan verifikasi nilai di PDSS. Jika Anda baru pertama kali login, maka Anda akan langsung diminta mengganti password pada halaman berikut:


Silahkan ganti password Anda.

Jika Anda tidak memenuhi syarat untuk mendaftar SNMPTN, maka akan muncul pesan "Anda tidak dapat mengikuti SNMPTN 2017. Silakan mengikuti SBMPTN 2017." seperti pada tampilan berikut:


Melakukan Pendaftaran

Untuk melakukan pendaftaran, pilih menu Pendaftaran pada daftar menu di bagian atas lalu klik tombol Formulir Pendaftaran seperti pada tampilan berikut:


Formulir pendaftaran terdiri dari 4 bagian, yaitu:

  1. PTN Pilihan 1
  2. PTN Pilihan 2
  3. Unggah foto
  4. Formulir Pendaftaran
  5. Memilih PTN dan Program Studi

    Berikut adalah ketentuan pemilihan PTN dan program studi:

    1. Anda dapat memilih maksimum 3 program studi
    2. Anda dapat memilih maksimum 2 perguruan tinggi
    3. Anda dapat memilih maksimum 2 program studi untuk tiap perguruan tinggi
    4. Salah satu dari perguruan tinggi yang dipilih harus berada di provinsi yang sama dengan sekolah Anda (kecuali untuk provinsi Sulawesi Barat dan sekolah RI di luar negeri - karena tidak ada perguruan tinggi untuk provinsi tersebut)

      Urutan PTN dan program studi menentukan prioritas pilihan. Siswa akan diseleksi dari proritas pertama (PTN pilihan 1 dan program studi pilihan 1). Jika tidak lolos seleksi, maka siswa akan diseleksi untuk pilihan berikutnya.

      Klik nama PTN yang Anda pilih seperti pada tampilan berikut:


      Pilih program studi yang Anda inginkan dari daftar program studi pada PTN yang Anda pilih, seperti pada tampilan berikut:


      Kemudian klik tombol Selanjutnya>>.

      Mengunggah Foto

      Setelah memilih PTN dan Pogram Studi, Anda harus mengunggah foto. Foto yang diunggah harus memenuhi persyaratan berikut:

      • Wajah siswa terlihat jelas
      • Pakaian rapi
      • Rasio foto 4 banding 6 dengan ukuran minimum 400 (lebar) x 600(tinggi) pixel
      • Format JPEG (.jpg)
      • Ukuran file tidak lebih dari 1 MB

      Dari tampilan berikut, unggahlah fota Anda yang telah sesuai dengan persyaratan di atas:


      Setelah mengunggah foto, foto dapat di-crop sesuai dengan kebutuhan dan ukuran yang tepat. Kotak untuk crop foto sesuai kebutuhan dapat digeser dan dapat diperbesar atau diperkecil. Berikut contoh tampilannya:


      Jika Anda fotonya sudah sesuai persyaratan, klik tombol Selanjutnya>>

      Mengisi Form Pendaftaran

      Selanjutnya, isilah form pendaftaran seperti pada tampilan berikut:


      Di awal formulir pendaftaran akan tampil pilihan PTN dan program studi Anda. Pastikan datanya sudah benar. Seluruh item isian pada formulir yang bertanda (*) harus diisi dengan benar. Jika pengisian sudah selesai, klik tombol Selesai dan Simpan.

      Mengisi Prestasi

      Jika Anda memiliki data prestasi, silahkan pilih menu Prestasi di bagian atas. Pada layar akan muncul tampilan berikut:


      Anda dapat mengunggah maksimal tiga (3) sertifikat/piagam, atau bukti prestasi lainnya.

      Mengisi Portofolio

      Jika Anda memilih program studi Seni dan/atau Olahraga, maka Anda harus melengkapi portofolio Seni dan/atau Olahraga. Pilih menu Portofolio pada daftar menu di bagian atas. Pada layar akan muncul tampilan berikut:


      Saat membuat portofolio, gunakan template yang telah disediakan. Portofolio yang telah dibuat harus diunggah pada laman ini. Unggah portofolio yang telah dibuat. Beberapa portofolio harus dilengkapi dengan video. Unggah video di tem[at yang disediakan. Ukuran portofolio tidak boleh lebih dari 10MB dan ukuran video tidak boleh lebih dari 15MB. Sebaiknya Anda tidak mengunggah portofolio dan video pada 3 hari terakhir masa pendaftaran SNMPTN. Unggahlah di masa awal pendaftaran untuk menghindari kegagalan saat mengunggah karena ada banyak siswa yang sedang terhubung ke server.

      Jika Anda sudah menggunggah portofolio dan portofolio harus dilengkapi video, maka akan muncul tampilan untuk menunggah video seperti berikut:


      Jika Anda ingin mengubah dokumen portofolio, pilih tab Ubah Dokumen Portofolio.

      Petunjuk Teknis Portofolio

      Berikut ini dapat diunduh petunjuk teknis, borang, dan template portofolio untuk bidang olahraga dan seni:


      Verifikasi Peserta Bidikmisi

      Jika Anda adalah siswa peserta beasiswa Bidikmisi, Anda harus memasukkan KAP dan PIN Anda. Berikut adalah langka-langkahnya:

      1. Pilih menu Bidikmisi pada daftar menu di bagian atas.
      2. Masukkan KAP dan PIN Anda pada form berikut:

      Sistem akan memverifikasi KAP dan PIN Anda ke sistem Bidikmisi. Pastikan KAP dan PIN yang Anda isikan sudah benar. Siswa peserta Bidikmisi tidak dapat memilih program studi dari Universitas Islam Negeri (UIN/IAIN).

      Finalisasi Pendaftaran

      Jika pendafftaran sudah selesai dilakukan, Anda dapat melakukan finalisasi pendaftaran. Setelah finalisasi, data pendaftaran tidak dapat diubah kembali. Pastikan kembali seluruh data yang diperlukan sudah Anda isikan. Untuk melakukan finalisasi, klik tombol Finalisasi Pendaftaran seperti pada tampilan berikut:


      Pada layar akan tampil halaman konfirmasi finalisasi seperti berikut:


        Ceklis semua pernyataan konfirmasi siswa, lalu klik tombol Finalisasi Pendaftaran. Jika masih ragu-ragu silahkan klik Tunda Finalisasi. Pastikan Anda segera melakukan finalisasi sebelum masa pendaftaran berakhir.Jika pendaftaran tidak difinalisasi, Anda dianggap TIDAK mendaftar.

        Jika Anda memilih tombol Finalisasi Pendaftaran, akan muncul halaman konfirmasi kembali seperti berikut:


        Silahkan klik tombol Finalisasi Pendaftaran jika Anda sudah yakin. Selanjutnya, pada layar akan muncul tampilan berikut:


          Anda baru dapat mencetak Kartu Peserta mulai tanggal 14 Maret 2017 jam 08.00 WIB hingga 14 April 2017 jam 22.00 WIB.

          Mencetak Kartu Peserta

          Tahap terakhir pendaftaran SNMPTN adalah mencetak kartu peserta. Pada jadwal yang telah ditentukan, klik Unduh Kartu Peserta pada Home seperti pada tampilan berikut yang akan tampil saat Anda login di periode pencetakan kartu:


          Untuk melakukan pencetakan kartu peserta, Anda harus mengisikan Nomor Ujian UN dan Tahun Mengikuti UN seperti tampilan berikut:

          Pastikan agar nomor peserta UN dan tahun yang Anda isikan sudah benar. Jika tombol Simpan di-klik, maka pesan penyimpanan nomor peserta UN akan tampil di layar seperti berikut:


          Setelah nomor peserta UN dan tahunnya diisikan, kartu peserta SNMPTN dapat diunduh dengan klik tombol Unduh Kartu Peserta SNMPTN seperti pada tampilan berikut:


          Berikut contoh hasil unduh kartu peserta:


            Lupa Password

            Jika Anda lupa password, Anda dapat menghubungi pihak sekolah untuk mendapatkan password yang baru. Pastikan agar password cukup aman akan tetapi mudah diingat. Jangan berikan password kepada pihak manapun.

Bagikan halaman ini