1. Ketentuan Umum

SMM PTN-BARAT 2020 merupakan seleksi calon mahasiswa baru jalur mandiri yang penyelenggaraannya dilakukan secara bersama antar perguruan tinggi negeri yang tergabung dalam BKS-PTN Indonesia Wilayah Barat. Penyelenggaraan seleksinya berdasar hasil ujian tulis berbasis cetak (UTBC) atau kombinasi hasil ujian tulis dan data portofolio serta ujian lainnya yang dilakukan secara bersama di bawah koordinasi panitia SMM PTN-BARAT.

2. Persyaratan

  1. Pendaftaran
    1. Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C, harus memiliki ijazah.
    2. Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2020, telah memiliki Surat Keterangan Lulus yang memuat sekurang-kurangnya informasi jati diri, pas foto yang bersangkutan, serta dibubuhi cap yang sah.
    3. Peserta seleksi dalam kondisi kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu proses pembelajaran pada program studinya.
    4. Ijazah adalah 3 tahun terakhir 2018, 2019, dan 2020 kecuali untuk beberapa universitas:
      • UMRAH, UNJA, dan Unimal tahun ijazah 5 tahun terakhir (2016, 2017, 2018, 2019, dan 2020);
      • ISBI menerima tahun ijazah 10 tahun terakhir yaitu mulai ijazah dari tahun 2011 sampai dengan 2020 dan Paket C maksimal umur 25 tahun; dan
      • UPR 3 tahun terakhir (2018, 2019, dan 2020) untuk Fakultas Kedokteran dan 5 tahun terakhir (2016, 2017, 2018, 2019, dan 2020) untuk fakultas lainnya.
  2. PenerimaanPeserta seleksi lulus pendidikan menengah, lulus SMM PTN-BARAT 2020, sehat, dan memenuhi persyaratan lain yang ditetapkan oleh masing-masing PTN penerima, termasuk besaran nilai UKT dan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) atau Biaya Pengembangan Institusi (BPI) yang besarnya dapat dilihat pada website perguruan tinggi masing-masing.

Prosedur Pendaftaran


  1. Pendaftaran SMM PTN-BARAT 2020 dilakukan secara online. Tata cara pendaftaran dapat dilihat dan diunduh di sini.
  2. Pengisian borang (formulir) pendaftaran ujian tulis dan portofolio dilakukan melalui website https://pendaftaran.smmptnbarat.id/ dengan cara memasukan seluruh data yang diperlukan secara benar.
  3. Pendaftaran dimulai sejak tanggal 10 Juli s.d 22 Agustus 2020.

Pada saat melakukan pendaftaran secara online, bagi peserta yang mengikuti SBMPTN 2020, diminta memasukkan nomor tes SBMPTN 2020 pada kolom yang disediakan.

Jenis Ujian


1. Ujian Tulis (UTBC)

Materi Ujian Tulis merupakan Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA).

2. Data Portofolio

Data Portofolio bagi Perguruan Tinggi yang mensyaratkan diperuntukkan bagi peserta yang memilih program studi bidang seni dan keolahragaan. Data portofolio tersebut harus diunggah pada saat mengisi formulir pendaftaran berupa sebuah file berformat PDF yang berisi narasi/uraian serta tautan videonya di channel Youtube. Portofolio yang dimaksud meliputi:

  1. Data portofolio seni rupa yang memperlihatkan kemampuan menggambar, pengetahuan dan wawasan seni rupa.
  2. Data portofolio seni tari yang memperlihatkan kemampuan tari bentuk, kreatifitas tari, imitasi gerak, serta pengetahuan dan wawasan seni tari.
  3. Data portofolio seni musik yang memperlihatkan kemampuan musikalitas, praktek instrumen, serta pengetahuan dan wawasan seni musik.
  4. Data portofolio seni drama/teater yang memperlihatkan kemampuan praktek monolog, praktek pantomim, serta pengetahuan dan wawasan seni drama/teater.
  5. Data portofolio fotografi yang memperlihatkan kemampuan memotret, pengetahuan seni, dan wawasan seni.
  6. Data portofolio televisi dan film yang memperlihatkan kemampuan membuat naskah, story board, pengambilan gambar, serta pengetahuan seni dan wawasan seni.
  7. Data portofolio olah raga yang memperlihatkan kemampuan keterampilan motorik.

Jumlah dan Pilihan


  1. Peserta dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 (tiga) pilihan program studi pada satu PTN atau lebih. PTN pilihan pertama TIDAK HARUS menjadi lokasi mengikuti ujian tulis. Pada masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, lokasi ujian dipilih pada lokasi terdekat tempat domisili peserta saat ini.
  2. Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan.

Biaya Registrasi dan Seleksi Ujian Tulis dan Portofolio


  1. Biaya registrasi dan seleksi sebesar Rp 300.000,-
  2. Biaya registrasi dan seleksi dapat dibayarkan pada waktu yang ditetapkan melalui Bank mitra yang telah ditetapkan.
  3. Biaya registrasi dan seleksi yang telah dibayarkan TIDAK DAPAT ditarik kembali dengan alasan apa pun.

Bagikan halaman ini