Universitas Syiah Kuala kembali membuka pendaftaran calon mahasiswa baru untuk program Pascasarjana, yang telah dibuka sejak tanggal 10 Mei – 1 Juli 2022. (Banda Aceh, 23 Mei 2022).

Wakil Rektor I USK Prof. Dr. Ir. Agussabti, M.Si menjelaskan, saat ini Program Pascasarjana USK telah berkembang dengan sangat baik. Di mana USK telah memiliki 35 program Magister termasuk di antaranya adalah Magister Kecerdasan Buatan (Artificial intelligence ) dan Magister Sains Bio Medis. Lalu untuk program doktor, kampus ini telah memiliki 8 program doktor pada berbagai disiplin ilmu.

Sejumlah program studi Pascasarjana tersebut juga sudah terakreditasi di Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Untuk program magister, 5 prodi akreditasi A, 2 prodi akreditasi Baik Sekali, 25 prodi akreditasi B, 1 prodi akreditasi Baik dan lainnya masih dalam proses akreditasi karena prodi baru. Lalu program doktor, 7 prodi sudah terakreditasi B.

Begitu pula dari segi Sumber Daya Manusia (SDM), Agussabti menambahkan, USK saat ini telah memiliki 674 doktor. Jumlah ini akan terus bertambah karena sebagian dosen USK ada yang sedang menempuh pendidikan doktornya baik di dalam maupun luar negeri. Para pengajar/dosen Pascasarjana USK juga kerap terlibat pada berbagai kegiatan riset baik di dalam maupun luar negeri.

“Semua ini setidaknya menjelaskan, bahwa pelayanan dan pendidikan Pascasarjana USK telah terjamin kualitasnya,” ucap Agussabti.

Oleh sebab itu, Agussabti berharap, Pascasarjana USK nantinya dapat melahirkan lulusan yang berkualitas, yaitu lulusan yang keilmuannya dapat turut berkontribusi dalam menyelesaikan berbagai persoalan di masyarakat.

Adapun besarnya biaya pendaftaran Program Pascasarjana ini adalah, untuk program magister sebesar Rp. 750.000 dan program doktor sebesar Rp. 2.000.000. Besarnya biaya pendaftaran tersebut telah sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) tentang Tarif Layanan BLU USK.

Informasi lengkap terkait syarat pendaftaran dan ketentuan lainnya terkait program Pascasarjana ini dapat dilihat pada laman https://pendaftaran-pps.unsyiah.ac.id/.

Bagikan Berita ini

Berita Lainnya